Oleh: khim | 11 November, 2012

Rendahnya Kesadaran Keamanan Data Pribadi di Indonesia

Beberapa hari lalu di buku wajah saya, saya melihat teman sma saya ditag di foto resi pengiriman barang dengan keterangan barang sudah dikirimkan dengan bukti foto tersebut. Saya agak kaget karena foto resi tersebut dipajang begitu saja di area publik yang dapat dilihat oleh siapa saja termasuk nama alamat lengkap dan nomor hp. Karena menurut saya itu kurang baik, saya mencoba menegur kok data pribadi dipajang begitu saja di area publik. Yang membuat saya kaget beneran ternyata praktik seperti umum di pasar online di indonesia terutama yang memanfaatkan buku wajah sebagai medianya. Menurutnya praktik seperti ini juga sekaligus promosi dan menunjukkan bahwa usaha mereka kredibel dan bukan tipu-tipu.

Kalau menurut pelatihan tentang keamanan data yang pernah saya ikuti prioritas keamanan data pribadi ini sangat tinggi, bahkan ada sertifikasi khusus untuk perusahaan yang dinilai kredibel menjaga keamanan data pribadi seperti Privacy Mark dan Privacy Trust.

Apa yang dimaksud dengan data pribadi ini ?
menurut pak wiki, data pribadi adalah data bisa dipakai untuk mengidentifikasi suatu individu. Data ini bisa berupa kombinasi nama, alamat, umur, no telpon, alamat imel, foto, tanggal lahir, dll. Dari pelatihan yang saya ikuti, kombinasi dari 2 data tersebut saja sudah bisa dikategorikan sebagai data pribadi dan harus dijaga sangat ketat. Bahkan mengirim imel ke beberapa client sekaligus tanpa menggunakan bcc ( agar alamat tujuan lain tidak bisa dilihat) bisa menjadi masalah besar.

Mengapa menjaga keamanan data pribadi ini penting sekali?
Data pribadi ini dapat dimanfaatkan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab untuk melakukan tindak kriminal dari yang ringan seperti spamming, stalking sampai penipuan, pencurian identitas, sampai terorisme. Kejadian paling ekstrim, bisa saja ada teroris yang ditangkap dan teridentifikasi atas nama kita karena dia memakai identitas palsu yang dibuat berdasar informasi pribadi kita yang mungkin tidak sengaja tersebar di area publik.

Agak miris kalau melihat kesadaran tentang hal ini di Indonesia masih sangat rendah, padahal penipuan2 misalnya lewat sms, telp hp dan imel masih sangat marak.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: