Oleh: khim | 5 November, 2009

Catatan Grand Prix Kitakyushu 2009

DSC07462

Di kesempatan untuk ikut GP kali ini, tidak sendirian lagi seperti GP sebelumnya di Niigata. 1 orang kawan lama sebangsa setanah air dan 2 orang pribumi juga berangkat bareng ke pulau sebelah selatan jepang untuk menguji kemampuan di permainan dengan kertas mahal ini.

Hari pertama diawali dengan menguji nasib di trial kesempatan terakhir (last chance trial) untuk meraih 3 bye di hari-H. Dari 32 orang peserta di pod A, terdapat 4 orang yang memakai pak bahasa inggris, kemungkinan kolam kartu bhs inggirs cuma berputar di antara 4 orang ini. Setelah kartu yang dibuka dan dicatat untuk kemudian didistribusikan kembali secara acak, salah satu peserta yang tampaknya dari kanada (terlihat dari kaosnya) nampak ketawa2 dan mengacungkan jempolnya ke arah mejaku. Arti isyarat itu baru dimengerti setelah kartu yang akan dipakai main sampai di tangan. Jadinya deck seperti ini:

Last chance trial deck
Lands
6 mountain
8 swamp (2 additional swamp, instead of 2 piranha marsh)
2 teetering peak
1 akoum refuge

creatures
1 vampire nighthawk
1 heartstabber mosquito
1 goblin ruinblaster
1 molten ravager
1 vampire lacerator
1 surrakar marauder
1 gatekeeper of malakir
4 torch slinger
1 bladetusk boar
1 goblin bushwhacker

other spell
1 elemental appeal
1 magma rift
1 hideous end
1 blazing torch
1 quest for the gravelord
1 trusty machete
1 eldrazi monument
1 needlebite trap
1 grim discovery
1 sorin markov (Devil may cry)

DSC07455

Deck ini sangat agresif untuk dengan mahluk kecil2 untuk gebug di awal2, beberapa removal untuk menyingkirkan rintangan di jalan, direct damage untuk penghabisan dan om Sorin Markov untuk memastikan kemenangan. 2 piranha marsh tidak dimasukkan karena takutnya tap land yang terlalu banyak akan memperlambat tempo deck ini.

Karena tidak menyangka bakal langsung sukses di last chance trial ini, pertarungan tiap ronde tidak tercatat, tapi beberapa yang diingat.
di Ronde1 Game1 play awal tapi, terpaksa ambil mulligan 2 kali karena land cuma 1 atau 2 tanpa ada mantra yang bisa dirapal, kemudian keep tangan dengan 4 land dan sorin, land keluar dengan lancar, dan meja bisa dibalik dengan keluarnya om sorin di turn 6.
di ronde2 berikutnya juga sering ambil mulligan jika kartu2 awal di tangan tidak terlalu bagus, bahkan di ronde 3 tiap game selalu ambil muligan, yang memang keputusan yang benar jadi bisa menang.
Ronde 4 Game 3, lawan dengan deck RG creature gendut2, sisa 9 life, sudah siap untuk mengakhiri game di turn berikutnya. Pasukan tinggal tersisa tuk tuk grunt sendirian bersenjata trusty machet, ditangan tinggal eldrazi monument, berharap pada top deck, yang ternyata: goblin bushwacker!
9 damage dari kedua mahluk yang diperkuat monument pun memutuskan harapan lawan untuk memeperoleh 3 bye
ronde terakhir gantia2n kebanyakan land, jadi berakhir singkat meski perlu 3 game.
Pelajaran yang didapat dari trial ini adalah jangan ragu untuk ambil muligan kalau kartu2 awal tidak menjanjikan, karena untuk format yang sangat agresif ini tempo lebih penting dari pada dari pada card advantage. Sempat diinterpiu juga sedikit, bisa dilihatd di sini.

Malamnya kami menginap di warnet dekat stasiun dengan paket yang paling murah 10jam di open seat seharga 1200yen. Jauh lebih murah dibanding penginapan biasa (losmen, youth hostel, dll) yang biasanya seharga 3-4k/malam. Ditambah fasilitas internet, drink bar, soup bar, eskrim, koleksi 40k manga. Kekurangannya hanya untuk mandi musti ngantri dulu.

Hari 1
Pelajaran yang didapat di malam pertama menginap di warnet adalah sebaiknya memutuskan untuk mandi sebelum tidur atau minimal 2 jam sebelum keluar, karena pasti ngantri. Hari pertama GP diawali dengan sarapan secukupnya di kombini di depan warnet kemudian menuju TKP. Setelah memastikan 3 bye yang diperoleh di hari sebelumnya, tinggal menunggu GP dimulai. Ketemu dengan orang kanada yang kemarin meregistrasi kartu yang kupakai untuk mendapat 3 bye. Orangnya cukup asyik diajak ngobrol, dari obrolan2 ternyata dia sudah pindah Hongkong sejak tepat sebelum hongkong dikembalikan ke Cina. Dia juga mendapat 3 bye di pod terakhir setelah gagal 2 kali di pod2 awal. Ternyata pemenang pod terakhir mendapat hadiah tambahan berupa uncut uncommon foil sheet zendikar, padahal yang menang awal cuma dapat 3 bye tanpa hadiah tambahan apapun selain lebih banyak waktu untuk istirahat sebelum hari-H GP.

Total 501 orang yang berpartisipasi di GP ini sehingga untuk hari-1 ada 8 ronde. Untuk bisa melanjutkan ke hari dua diperlukan minimal rekor x-2-0 atau hanya 2 kali kalah. Karena sudah dapat 3 bye hanya memenangkan 3 ronde untuk bisa melanjutkan ke hari ke-2. Sekitar jam 0930 registrasi kartu dimulai. Ada 12 orang yang memilih menggunakan kartu bahasa inggris yang semuanya orang non-jepang. Sebelum pak dibagikan kami ngobrol2 dengan orang semeja senasib sesama gaijin. Di sebelah duduk orang kanada yang tadi pagi, yang lain2 dari inggris, ostrali, korea. Dari obrolan, ternyata si orang ostrali sedang kuliah di UEC dan dulunya ikut program pertukaran pelajar yang sama. Dunia memang sempit.
Beberapa menit kemudian kami memperoleh kartu yang akan dipakai berntading di hari itu. Berikut dek yang jadi untuk berlaga di hari pertama:

Lands
1 flat marsh (yeah fetch land!)
1 piranha marsh
7 plains
8 swamp

Creatures
1 makindi shieldmate
1 gate keeper of malakir
1 pillarfield ox
1 giant scorpion
1 kor skyfisher
1 kabira evangel
1 kor carthographer
1 stonework puma
1 hagra diabolist
1 guul draz vampire
1 kor hookmaster
2 kor sanctifier

other spell
1 vampires bite
1 pitfall trap
2 disfigure
1 marsh casualties
1 nimbus wing (instead of crypt)
1 journey to nowhere
1 grim discovery
1 sorin markov (Devil may cry again!)

Sedikit berbeda dengan hari sebelumnya yang sangat agresif, kali ini mesti cukup agresif, terdapat sedikit unsur defensif di warna putih dengan makindi shieldmate, ox, dan kalajengking raksasa. Makindi shieldmate selain bertindak defensive juga bisa menambah kekuatan hagra diabolist sebagai sesama ally. 2 kor sanctifier menjamin tidak ada artifak atau enchanment yang akan merepotkan dan tanpa ditendang sekalipun, dengan 3 pantat mereka bisa lolos dari banyak removal (disfigure, torch slinger, marsh casualties, burst lightning yang tidak ditendang). Di menit2 terakhir deckbuilding, dipilih nimbus wing sebagai kartu ke-23 daripada crypt ripper karena dirasa deck ini agak lemah melawan deck biru yang banyak mahluk terbang, dan ripper juga perlu terlalu banyak mana untuk strategi agro. Terakhir om Sorin markov kembali menemani di hari pertama ini ^^)v

3 ronde pertama dimanfaatkan dengan ngantri tanda tangan ilustrator jaime jones untuk beberapa karut macam progenitus, nissa chosen, dll. Habis ngantri sudah lapar lagi, ternyata sudah siang, masih sempat makan siang dulu sebelum ronde 4 dimulai.

Ronde 4 vs Masayuki Yasuda BR agro
Sekilas terlihat di kertas catatannya ada tulisan 2 bye, berarti dia ratingnya tinggi atau paling tidak pro player level 2. Lawan berat ni.
Game 1 dia main awal, dengan ruminous minotaur yang gebukannya cukup sakit meski dia harus mengorbankan 1 land untuk tiap gebukan ke pemain. Hanya 2 swamp yang ada di medan perang membuat penjaga gerbang malakir tetap diam di tangan sampai akhirnya muncul kor skyfisher sehingga si penjaga gerbang bisa muncul dengan tendangan. Lawan mengorbankan minotaurnya tapi masih datang lagi minotaur penggantinya yang kemudian beradu dengan si panjaga gerbang. puma stonework datang siap untuk menyerang, namun pihak lawan memanggil nyamuk dengan tendangan menusuk jantung puma. Setelah satu serangan nyamuk yang membuat lifeku jadi tinggal 3, kalajengkin raksasa datang menemani nyamuk. Marsh casualties di turn berikutnya mengatasi ancaman dari nyamuk tapi kalajengkin raksasa masih berpotensi untuk membunuh, setelah 2 kartu land sampai kritis tinggal 1 life, Sorin datang! Langsung membunuh bladetusk boar dan menambah life jadi 3, kalajengking menyerang lagi kemudian ditemani vampire lacerator. Turn berikutnya lawan membunuh vampire laceratornya dengan inferno trapnya sendiri untuk mencegah gain life, namun lawan nampaknya merasa hanya dengan kalajengking tidak cukup untuk memenangkan game ini kemudian menyerah.

Game 2 lawan ganti warna dari hitam jadi ijo
pertarungan berjalan sepihak, dan berkahir cepat dengan kekalahan lawan.

rekor 4-0-0

Ronde 5 Yuuya Watanabe UR flyer burn
rookie of the year 2k7 calon kuat player of the year 2k9, lawan yang berat.

Game 1
Banyak terjadi misplay, yang mengantarkan ke kekalahan.

Game 2 muligan 2 kali
lawan selalu punya jawaban untuk semua trik yang kulancarkan, membuat posisi di medan perang jadi lemah yang akhirnya berakhir dengan kekalahan.

rekor 4-1-0

Ronde 6 Takahiro Katayama RB
Game 1
Berjalan sepihak, bak buk bak buk, selesai dengan life masih utuh.
Game 2
Meski berhasil mengurangi life lawan sampai 4, gerakan terhenti dengan munculnya bos ally: Kazuul warlord yang makin gendut di bagian bertahan, dan geyser glider di bagian menyerang.
Game 3
Laga kor skyfisher dari turn 2 tidak bisa dihentikan oleh lawan sampai 10 turn.

rekor 5-1-0

Ronde 7 Hiroaki Shiraishi UB
Game 1
Awal2 berada di atas angin menghajar lawan sampai life tinggal 1, tapi lawan berhasil menjawab semua ancaman dan hanya kartu land yang ada di medan perang sampai kemudian Om Sorin datang ke tangan, namun kedatang Sorin ke medan perang dibatalkan oleh lawan (cancel) and the devil may not cry. Nimana sellsword datang di pihak lawan yang seharusnya bisa langsung kuatasi dengan journey to nowhere, namun 2 pitfall trap di tangan juga ingin mangsa. Menuruti kengininan mayoritas berakibat fatal. Turn berikutnya lawan merapal ritual replikasi dengan tendangan, memunculkan 5 kage-bunshin nimana sell sword yang kemudian mengakhiri game dengan sekali serangan.

Game 2
Kedatangan ally berturut2 yang diawali oleh hagra diabolist menghabisi life lawan sampai sisa 4, namun marsh casualties menghabisi semua pasukanku yang kemudian memupuskan harapan untuk istirahat di ronde terakhir.

rekor 5-2-0

Ronde 8 Akihiro Yasufuku BG
Ronde ini harus menang untuk bisa lanjut ke hari 2

Game 1
Main awal dan ambil muligan sekali. Bloodghast di pasukan lawan nampak bakal merepotkan, tapi bisa diakhiri cepat dengan life masih utuh.

Game 2
sama2 saling gebuk, tapi mindsludge dari lawan menghabiskan gasku untuk bisa menghajar lebih cepat.

Game 3 – penentuan untuk bisa maju ke hari 2
Untungnya game ini berjalan agak sepihak lagi, sedikit2 demi sedikit vampir2 kecil menghabisi life lawan, sampai akhirnya medan perang kosong dan dipihak lawan hanya ada hedron scrabbler. Sorin Markov muncul untuk pertama kalinya di ronde ini yang lansung menghajar scrabbler. Lawan nampak mulai putus asa, namun wajahnya nampak cerah setelah melihat kartu yang didraw di turn berikutnya yaitu: vampire hexmage! orang2 yang menonton pun bersorak. Namun kematian Sorin, tidak menghentikan serangan bertubi-tubi dari kor sanctifier yang kemudian menghabisi 5 life terakhir lawan dengan gigitan vampir.

rekor hari 1 6-2-0

Akhirnya berhasil maju ke hari kedua, namun sayang 3 kawan seperjuangan gugur di hari pertama, beberapa peserta non-jepang yang baru kenalan juga gugur semuanya di hari pertama.

DSC07481

Makan malam kali ini di food court di dalam stasiun kokura. Banyak pilihan dari macam2 restoran dan tetap bisa semeja. Menu malam ini Tuna mayo don:

DSC07474

Habis makan kembali ke warnet, tapi kali ini pilih paket 10 jam di reclining seat seharga 2000yen. Lebih mahal sedikit tapi ruangan lebih tertutup dan kursinya lebih enak untuk dipakai tidur. Tidak lupa mandi dulu sebelum tidur membayar jatah tadi pagi tidak sempat mandi.

DSC07490DSC07488

Hari 2
Hari kedua diawali dengan mengisi formulir tentang data pribadi, pajak hadiah dll. Kemudian draft 8 orang dilakukan 2 kali untuk menentukan top8 untuk melakukan draft sekali lagi.

Draft 1
Draft pertama nampak cukup berat karena di meja terlihat nama2 yang cukup ngetop di dunia mtg profesional seperti Sam Black, Kurihara Singou, Komuro Shuu, Masaya Kitayama. Posisi pun nampak susah, di sebelah kiri ada Kurihara Singou, di kanan ada Masaya Kitayama, di sebelahnya lagi ada Sam Black.
Pak pertama dibuka, tidak ada yang menarik selain inferno trap, langsung ambil saja, meski agak kuatir banyak orang yang bakal rebutan warna merah dan hitam karena kedua warna itu dianggap yang paling kuat di lingkungan limited zendikar. Namun beberapa pick berikutnya inferno trap kedua dan beberapa kartu hitam mengalir, juga mana vixer dalam pentuk akoum refuge jadi agak mantap untuk di warna merah hitam. pak kedua ada guul draz specter yang cukup menggiurkan dan inferno trap lagi. ambil inferno trap, beberapa pick kemudian ada eternity vessel, geyser glider, dan verdant catacomb. Setelah pak ke2 selesai dihitung2 ternyata kekurangan mahluk, panik! pak terakhir harus ambil creature banyak2. Buka pak terakhir ada bloodwitch, langsung sikat. creaturenya kembali banyak yang hilang tapi masih sempat dapat nyamuk kedua, dan bog tatter, tapi masih terasa kurang creaturenya jadi ambil mindless null juga deh.
Saat deck building beneran, pas2an banget kartu yang bisa masuk deck, sampai kartu macam runeflare trap, demolish dan mindless null pun masuk. Jadi agak kurang pede melihat calon lawan yang jago2 tadi.

1st Draft Deck
Lands

1 akoum refuge
1 verdant catacomb
7 mountain
8 swamp

creatures
2 heartstabber mosquito
1 goblin ruinblaster
1 surrakar marauder
1 molten ravager
1 bloodseeker
1 malakir bloodwitch
1 ruminous minotaur
1 bog tatter
1 guul draz vampire
1 vampire lacerator
1 mindless null
1 geyser glider

other spell
3 inferno trap
1 demolish
1 vessel eternity
1 soul stair expedition
1 zektar shrine expedition
2 vampire bite
1 runeflare trap
1 mindsludge

Sideboard
1 trailblazer boot
1 mire blight
1 ravenous trap
1 beastmaster ascencion
1 zendikar farguide
1 kazandu blademaster
1 nimbus wing
1 pitfall trap
2 makindi shieldmate
1 trapmaker snare
1 caller of gales
1 sky ruin drake
1 welkin tern
1 lethargy trap
1 trapfinder trick

Ronde 9 Komuro Shuu (GP Taipei 2008 Champ) UR Big Flyer
Game 1
Berakhir cepat dengan living tsunami dan belut terbang.
Game 2
3 inferno trap menunjukkan gunanya dengan mengatasi ancaman2 dari lawan.
lawan sempat bertahan dengan whiplash trap, tapi tidak menemukan jawaban di turn berikutnya
Game 3
Berawal dengan surrakar marauder maju menghajar lawan 2kali dan diikuti dengan mind sludge menghabiskan kartu ditangan lawan. Turn berikutnya lawan memanggil belut terbang, yang kemudian disambut kedatangan malakir bloodwitch yang langsung beradu sampai mati di udara. Namun Ekspedisi soul stair yang sudah berpotensi membangkitkan kembali bloodwitch nampak membuat lawan jadi khawatir. Akhirnya ronde ini pun bisa diakhiri tanpa menghidupkan bloodwitch.

Rekor 7-2-0

Ronde 10 Okamoto Jin WU
Game 1
mulligan 6 kemudia keep 1 land karena ada 3 spell 1 mana. Lawan langsung memanggil kepiting di awal2 untuk menghabiskan library. sampai game berakhir hanya 2 land yang muncul, akhirnya kalah dengan sukses.

Game 2
Dihajar para penerbang.

Rekor 7-3-0

Ronde 22 Masaya Kitayama (finalis GP singapura 2009) RB
Game 1
Sampai turn 4 hanya belum mendapatkan land yang bisa menghasilkan mana merah, tapi hal itu menjadi berkah dengan didapatnya mind sludge di turn 5 yang menhabiskan kartu di tangan lawan. Pasukan lawan lebih banyak, sementara hanya ada bog tatter yang tak terhentikan berkat rawa2 di pihak lawan. 2 gigitan vampir dengan tendangan kemudian mengakhir game ini.

Game 2
Draw yang sangat ideal, t1 vampire lacerator, t2 surakar, dan t5 mindsludge mengosongkan tangan lawan. turn berikutnya keluar bloodwitch membungkam lawan.

Rekor 8-3-0

Draft kedua pemain pro yang jago tidak terlalu banyak, cuma tsuyoshi ikeda dan naoki shimizu. Kali ini pick pertama diawali dengan nimana sell sword dengan harapan bisa draft ally banyak2, berikutnya banyak kartu2 putih weenie yang mengalir termasuk 2 ondu cleric, kor aeronaut, dan armament master. pak kedua dapat beberapa kartu hitam seperti halo hunter, mind sludge dan lacerator, serta beberapa ally. Sadar kalau kekurangan removal pack3 ambil arrow volley trap dibanding sell sword kedua, bahagia dapat hagra diabolist di pick 3. Kemudian karena banyak dapat kartu kor, diputuskan untuk mengoptimalkan armament master dengan mabil 2 artifak yang mengalir di akhir2 explorer scope dan grappling hook. Lagi2 kurang PD dengan draft kali ini karena kekurangan removal.

2nd Draft Deck
lands

12 plains
5 swamp

creatures
1 puma stonework
1 nimana sell sword
1 hagra diabolist
3 ondu cleric
1 makindi shieldmate
1 kor skyfisher
1 steppe lynx
1 armament master
1 kor hookmaster
1 kor cartographer
1 kor aeronaut
1 cliff therader

other spell

1 disfigure
1 bold defense
1 soulstair expedition
1 arrow volley trap
1 narrow escape
1 grappling hook
1 explorers scoope

sb
4 swamp
1 bog tatter
1 surrakar marauder
1 halo hunter
1 vampire lacerator
1 mindsludge
1 vampire bite
1 narrow escape
1 noble vestige
1 ox
1 kor outfitter

dari semua kartu hitam yang diambil hanya disfigure, vampire bite an 2 ally yang dipakai demi konsistensi dan mengurangi kemungkinan color screw.
kalau lawan tidak pakai hitam baru sedikit sb dengan memasukkan kartu hitam dengan intimidasi, kalau lawan pakai hitam side in bog tatter.

Ronde 12 Nakano Yoshitaka RG
Game 1
lupa detailnya, tapi kalah oleh baloth woodcrasher dibakcup harrow.
Game 2
Setelah susah payah menyerang sampe life lawan tinggal 6 dengan penerbang dan steppe lynx, alpha strike pasukan dibungkam dengan tanglesap, namun syukurlah perlawanan digame ini bisa diakhiri di turn berikutnya.
Game 3
Aksi cliff threader tak terhentikan berkat ability mountainwalk, yang kemudian makin ganas dengan grappling hook di tangan.

Rekor 9-3-0

Ronde 13 Kuribayashi
kedua game bejalan sepihak dengan pasukan penerbang di pihak lawan

rekor 9-4-0

Ronde 14 Pavel Matousek BG
Game 1
Diawali dengan mulligan sampai 3 kali, untung lawan yang jalan duluan sehingga bisa keep 4 kartu awal: 2 plains, 1 ondu cleric dan 1 makindi shieldmate. Land dan ally berjalan lancar sementara serangan lawan kurang lancar. game berakhir ndangan life 48

Game 2
Alur seperti game 1 berulang , ally datang berturut, ondu cleric, makindi shieldmate, hagra diabolist, puma stonework. Kemunculan grappling hook membuat lawan putus harapan dan menyerah.

Rekor 10-4-0
Standing terakhir rangking 27 dapat 2 pro poin

DSC07482 DSC07483

Hari terakhir yang penuh angin kencang sebelum pulang ke yokohama dihabiskan dengan jalan2 di Hakata.

DSC07492 DSC07496

DSC07499 DSC07503-2

Iklan

Responses

  1. si susan kaya orang jepang banget ya???
    omedetou gozaimasu!


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: