Oleh: khim | 30 April, 2009

Tes Usia dengan Mosquiton

日本語版

Sebelum membaca coba putar dulu suara di atas (kecil kok ga sampe 0.5MB). Terdengar sesuatu? Kalau iya berarti anda cukup muda untuk disebut remaja.

Pertama kali tertarik dengan fenomena menarik ini saat nonton dorama The Quiz Show ep 2. Di episode itu disebut ada nada dering khusus yang dipakai anak2 sma untuk sms2an di kelas supaya tidak ketahuan guru. Tidak ketahuan karena nada dering khusus itu hanya bisa didengar oleh anak2 usia remaja. Awalnya rada ga percaya mana ada nada khusus abege macam gitu. Setelah dicari2 sedikit ternyata berkaitan dengan rentang frekuensi pendengaran yang semakin bertambah usia menjadi semakin sempit. Teringat pelajaran SD tentang rentang pendengaran manusia 20-20kHz. Rentang itu berkurang terutama setelah memasuki usia kepala 2, jadi sampai sekitar 15kHz. Nada khusus abg tersebut mempunyai frekuensi 16k-17k Hz sehingga yang sudah occhan tidak bisa mendengar nada itu.

Namun akhir2 ini banyak juga remaja yang berkurang rentang frekuensi pendengarannya meski belum saatnya diundang ke seijin-shiki. Salah satu sebabnya karena telinga mereka sudah sering dibombardir suara dari mp3 player portabel macam ipod, walkman dsb.

Aplikasi lain nada ini, bisa digunakan untuk mengusir secara anak2 dengan membunyikan suara frekuensi tinggi yang tidak mengganggu orang2 tua yang ingin hidup dengan tenang. Cara kerja yang mirip dengan pengusir nyamuk, karena itu disebut mosquiton.

Ref:
http://www.ochenk.com/entry.php?id=63
http://www.jimmyr.com/blog/hearingloss.html

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: