Oleh: khim | 25 November, 2007

Cerita sederhana tentang akhlak

Hari ini terkesan dan sekaligus tertusuk2 setelah mendengar cerita sederhana tentang akhlak dalam Islam. Ceritanya begini:

Inggris, zaman sekarang. Dua orang Arab di sedang mengobrol dengan bahasa Arab. Kemudian seorang Inggris datang dan duduk di dekat mereka, kedua orang Arab itu kemudian langsung mengganti bahasa yang dipakai ngobrol dengan bahasa Inggris. Si orang Inggris kemudian bilang kepada mereka, “Kenapa tiba2 ganti jadi bahasa Inggris? Saya tidak keberatan kok anda tetap mengobrol dengan bahasa Arab”. Salah seorang Arab itu kemudian menjawab singkat, ” Ini adalah ajaran dari nabi kami.”

Setelah mendengar cerita itu, jadi teringat masa2 kuliah dulu yang saat kumpul2 di himpunan atau di unit dengan cueknya bicara dengan bahasa yang tidak semua yang ada di sana mengerti dengan alasan lebih merasa nyaman seperti itu, meski kadang ada yang menyindir2. Terlebih lagi sekarang saat nyasar di tempat yang jauh, jauh lebih cuek lagi , apa lagi bahasa pribumi juga belum lancar banget. Sepertinya tusukan hari ini bisa jadi motivasi untuk bisa lebih menguasai bahasa pribumi.

Iklan

Responses

  1. iya nih .. orang jawa emang sukanya gitu. kalo ada orang non jawa bakalan terus aja pake jawa. sementara kalo ada dua orang non jawa ngobrol dan didatangin orang jawa mereka akan langsung ganti dengan bahasa indonesia. jawa memang cuek 😀

    kalo aku di sini malah ngerasa stress …

    di mana aku ngga ngerti bahasa jepang, thailan dan korea… tetep aja orang2 di dekat ku ngga mau membuat aku mengerti. tetep aja mereka memakai bahasa jepang, thailand dan korea. tanpa mau mengajak aku ikut berkomunikasi.

    jadi ngerasa ngga penting ……

  2. hmm…
    pelajaran yang berharga 🙂
    -ya,akan lebih baik kalo orang muslim bìsa nguasai banyak bahasa, terutama bagi yang mobilitasnya tinggi :p –

  3. kl itu sih gak khusus muslim tok kalee, semua juga kl bisa menguasai banyak bahasa juga lebih bagus ^^)

  4. betul, palagi kalau udah komen2an pake bahasa java… duh sama sulitnya belajar bahasa pemrograman java :p. makanya pake html aja ya bim kalau komen :p

  5. Hueeeeeeeeeeeeeee……….seandainya aku ada di lingkungan kayak lingkungannya sandy…senangnya………… >_<

    Hmmm…baru tau…jadi begitu ya…

    ….
    …..
    *jleb jleb*


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: