Oleh: khim | 22 Oktober, 2007

-chan

Tulisan ini diketik karena seriing sekali di forum2 atau di pm atau di mana2 banyak yang nanya2 tentang bedanya -chan, -san, -kun, dan sebangsanya. Berhubung saya paling males menjawab pertanyaan yang sama terus2an meski yang nanya beda, apa lagi kalau jawaban yang diperlukan lumayan panjang, maka diketiklah tulisan ini supaya nanti kalau ditanya lagi bisa tinggal kupipes link ke sini.

Langsung saja, karena ada yang sedang menunggu tulisan ini buat ujian besok katanya.

  • -san

Biasanya dipakai untuk orang yang belum terlalu kita kenal atau yang statusnya lebih tinggi. Paling standar, kalau bingung cocoknya pakai apa kalau manggil seorang jepang, tambahkan saja -san di akhir namanya.

Pemakaian lainnya juga untuk menyebut profesi seseorang , misalnya sakanaya-san (sakana-ikan, ya-toko), omawari-san (pak polisi);karakter di cerita anak2, misalnya kuma-san(pak beruang), pu-san (winnie the pooh).

  • -chan

Kebanyakan dipakai untuk cewek atau anak2. Kalau untuk cewek biasanya yang memanggil dengan -chan sudah lumayan akrab. Harap diingat Jackie chan tidak termasuk dalam golongan ini

  • -kun

Dipakai untuk cowok yang sepantaran atau lebih muda dari kita, atau atasan ke bawahannya, atau senpai ke kohai. Untuk 2 kasus terakhir bisa juga untuk cewek, misalnya di Sukuran, Hanai memanggil Yakumo dengan Tsukamoto-kun karena posisi dia sebagai senpainya Yakumo

  • -sama

Dipakai untuk keluarga kerajaan (rei: Masako-sama) atau seseorang yang sangat dihormati(rei: Otou-sama:ayah) atau untuk pelanggan(Okyaku-sama) atau majikan (Goshujin-sama).

  • -dono

Sekarang jarang dipakai, kira2 pemakaiannya mirip dengan -san. Contoh pemakaiannya seperti Kenshin memanggil Kaoru dengan Kaoru-dono

  • -sensei

Sesuai dengan arti harifahnya dipakai untuk guru atau sejenisnya. Terlepas dari arti guru, juga dipakai untuk menyebut dokter, pengacara, mangaka penulis(yang sudah terkenal tentunya).

  • -senpai

Dipakai untuk senior, apakah itu senior sekolah, kampus, lab, kantor, klub, tidak pandang usia, asal senior ya dipanggil senpai.

Sekian, semoga cukup menjawab pertanyaan.

Sumber diambil dari pengalaman sendiri :anime, dorama, manga, dan kehidupan nyata.

Iklan

Responses

  1. terima kasih infornya arya-chan!

  2. sepertinya dirimu kurang menyerap info yang didapat dengan betul

  3. masak se arya-senpai?

  4. dadi koyok titis ae ki

  5. thanks kmren komennya man, hehe..
    loh di jepang juga toh? di keio kayak si sandy eggi donk?

    nambahin, cowo2 juga suka manggil sobat cowonya pake -chan juga kok..

  6. tepat sekali, seuniv dan sekampus

    yaa -chan bisa juga dipake untuk yang sudah akrab buanget

    39

  7. lek aku mosok panggil kamu senpai???
    arya senpai??? aneh… kan aku sudah bukan kohai-mu lagi
    arya chan… sok akrab…
    arya kun? aneh juga…
    arya sama? hahaha… ndak mau lah..
    mosok mas arya? kita kan seusia…
    wis lah… manggil arya ae…

  8. status kohai tidak bisa dilepas hanya karena sudah lulus dari institusi yang bersangkutan, sekali kohai tetap kohai fufufu…

  9. awak mangil bim-kun, bim-chan, bim-sama, bim-san apa bim-dono? heuheuheuheu… ikut2 komen di blog orang ah sapah tahu jadi terkenal

  10. ndak suka semuanya, ndak suka dipanggil bim

    kl pingin ngetop taut ke blogmu diisi juga lah biar bisa langsung diklik

  11. *numpang lewaaat….

    maaf nge-junk 😀

  12. pean orang jepang yo….??? boleh minta di ajari bahasa jepang g’ ni…..plissssssssssss

    salam kenal..!!!

  13. kalo sama orang yang dicintai bisa dipanggil -sama nggak ya?

    ato dipanggil apa?

  14. masing orang indonesia kok, ya tunggu saja tulisan2 berikutnya tentang bhs jepang yah

    pake -sama bisa saja tapi kurang mesra rasanya, pake -chan atau -tan rasanya lebih mesra
    (pendapat pribadi)

  15. wah…brarti baca/nonton anime, dorama, n manga ada gunanya juga yach. hihihi… 😆

  16. osh !!!

  17. banyak hal yang bisa dipelajari dari anime dan manga yang tidak diajarkan di sekolah

    Manga teaches us more than school

  18. khim-3 wa “tunggu saja tulisan2 berikutnya tentang bhs jepang yah” to itta.

    々: Matteru yo. Sampe kapan pun bakal saya tunggu, yarinikui-sama. 😉

    khim said, “banyak hal yang bisa dipelajari dari anime dan manga yang tidak diajarkan di sekolah”

    々: Yea iyealah~

  19. hehehe,, ody ikutan numpang nampang ^^

  20. Arigato gozaimasu,Khim-ni chan.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: