Oleh: khim | 25 September, 2007

Enmei-ryuu: Ikazuchi

Salah satu manga favoritku sepanjang sejarah adalah Shura no Mon(Gerbang Ashura), di Indonesia terbit dengan judul Ashura. Bercerita tentang seorang pemuda pewaris teknik beladiri tangan kosong Mutsuu Enmei-ryuu(陸奥圓明流)yang dalam sejarahnya selama 1000 tahun belum pernah kalah melawan beladiri apapun dengan aturan yang bagaimanapun.
Yang menarik dari manga ini adalah ceritanya yang menunjukkan sisi beladiri dari suatu beladiri. Kamsudnya sekarang ini kebanyakan beladiri lebih terlihat sebagai olahraga daripada beladiri yang bahkan kadang sampai tidak boleh digunakan di luar arena pertandingan. Hal lain yang menarik yaitu kebanyakan teknik2 beladiri yang muncul dalam manga ini cukup realistis, tidak terlalu mengkhayal, meski ada 1-2 teknik yang masih belum bisa diterima oleh otakku yang sempit ini, seperti jurus Mukuuha(無空波=Gelombang Langit Hampa ) yang menimbulkan getaran frekuensi tinggi sehingga tidak bisa dielakkan dan orang2 yang muncul di manga ini juga terlalu kuat untuk bisa disebut sebagai manusia.

Kali ini yang ingin dibahas di sini salah satu teknik bantingan yang mirip2 bantingan Ippon Seoinage(一本背負い投げ=bantingan satu lengan) yaitu Ikazuchi(雷=halilintar) .

Langkah 1

Ikazuchi-1

Mula2 pergelangan tangan lawan dipegang, posisi awal seperti ippon seoinage, hanya saja dalam teknik ini posisi yang diambil di belakang punggung lawan, dan bagian siku lawan ditempatkan di bagian lengan atas.

Langkah 2

Lempar sambil mematahkan sendi siku lawan.

Langkah 3

Saat lawan berada di udara langsung kembali ke kuda2.

Langkah 4

Tendangan rendah ke arah… yaa tahulah
Iya iya ini bukan teknik untuk beladiri ini adalah teknik untuk membunuh, dalam ceritanya juga lebih sering disebutkan bahwa Enmei-ryuu adalah teknik membunuh dengan tangan kosong.

*Gambar diambil dari scan manga asli tanpa seizin pengarangnya

Iklan

Responses

  1. paddy ya..

    bacaanku jaman kuliah, novelnya asik banget, kalo gak salah dia menang leon dari brasil di pertandingan vale tu do, malah kisahnya kalo gak salah dihubungkan dengan wyatt earp..

    • wah sampe sekarang aq masih suka tuh

  2. manga kali kok novel.
    paddy itu nama indonesia yang dikasih elex pas jaman orde baru (nama jepang mosok dilarang juga sih). di versi asli namanya tsukumo.
    aliran mutsu tidak kenal kata kalah dalam sejarahyna sepanjang 1000tahun.

    itu ada di cerita spin off nya, di indonesia terbit dengan judul samurai, di vol 4 kl ga salah yang salah seorang mutsu ketemu wyat earp

    • ada gk filmnya..aq paling suka tuh paddy;;tw kalo ada komiknya d mana downloadnya..please kasih tau ya

  3. hehehe… no comment deh. mutsu enmei ryu, aliran yg gak pernah ada. tapi selalu ditanya di kaskus.

  4. meskipun hanya aliran fiksi, namun beberapa tekniknya cukup realistis seperti yang ini hehe

  5. yaah, tp kalo yang “Empat Pintu” kaya Genbu dan Suzakku (di komik cuma keluar dua yah?) mah ngga mungkin juga sih :mrgreen:

    mas khim suka baca manganya Masatoshi Kawahara-sensei juga ya? Kaiouki ngikutin juga mas?

  6. genbu agak lupa yang bagaimana, tapi suzaku rasanya masih mungkin kok. cuman ngambil posisi awalnya memang susah, kalau sudah dapat posisinya tinggal putaran dari pinggang cukup kuat atau tudak untuk melempar lawan seperti itu.

    Kaiouki belum ngikuti, belum nemu scanslationnya sih :p

  7. ng, ngambil posisi awalnya itu yang paling susah. kesamaan jurus-jurus “Empat Pintu” itu kan awal gerakan bagaikan setan yang seolah2 pengguna jurus terlihat memiliki empat tubuh.

    hehe, disini kaiouki sudah jauh. disana sudah tamat ya? eh, yg ngerelease secara resmi cuma di di jp dan ina ya kayaknya?

  8. ya memang awal gerakannya yang rada ga masuk akalku apalagi dengan keadaan tubuh luka2 macam gitu. tapi tapi begitu sudah masuk ke jurus membunuhnya masih mungkin2 saja.

    ga tau ya, sepertinya masih jalan, sebulan cuma terbit 1 bab sih

  9. kalo memiliki 4 tubuh di jawa sih banyak. sigara nyowo atawa sigar rogo. hehehe

  10. haiiiya

    saya jadi teringat masa smp, hehehehe

    saya suka juga banget tuh sama komik ini, sama satu lagi yang dikarang pengarang sama

    judul indonesianya sih SAMURAI

    ga tau judul aslinya..

  11. beda, yang samurai itu Shura no Toki

  12. mas, tau g dmn bs donlot atw bc scanlation-nya shura no toki? aku dah kliling tp blm nemu jg…

    trus klo kaiouki aku ada linknya tuh klo mw donlot dr no 1 – 31… nah aku lg nyari no 32 – 34 nih…

    http://serbadownload.web.id/download/download-manga/komik/download-tale-of-the-sea-king-vol-01—31.html

    tp msh pake teks nippon… huehuehue

  13. ada tuuh kaiouki di http://www.8comic.com/html/878.html

  14. aliran enmei itu sebenarnya ada gak ya di dunia itu? kalo liat dari tokoh2nya seperti oda nobunaga, jigoro kano, shiro saigo, dll (age of chaos-asal mula dtngnya mutsu) di sejarah di sebutin trus foto aslinya juga ada. lgi cari di google nih aliran enmei ada apa gak?

  15. di bukunya sendiri disebut kalau cerita ini fiksi
    si pengarang aja yang mengkait2kan dengan tokoh sejarah

  16. ga enak ngomong tentang diriku sendiri ( wahahaha….). Serial Kawahara selalu memacuku untuk berlatih keras,meskipun sulit menjadi sehebat aliran Mutsu. Kalo sekarang sih udah agak mendekati……

  17. semua hal yg dilakukan kecuali shimon kali ya…
    soalnya ada teknik namanya kongou yg bisa dokusin kekuatan otot di satu titik
    jadi para mutsu2 itu memang di bentuk dgn cara pemfokusan tenaga yg manteb
    bgt caranya, terutama penanaman karakter iblis di tiap pertarungan
    di banding teknik lebih ngeri karakternya

  18. gimana ga ngeri … cuma boleh ada 1 pewaris nama mutsu. kalo sodara lagi akur, cuma masalah menang-kalah (tora & … sapa tuh sodara kembarnya di era nobunaga). tapi kalo ga akur ato ortunya rada stress, bisa jadi masalah hidup-mati. Itu kalo ga salah si tsukumo dapet nama mutsu kan karena dia yang idup, kakaknya mati di tangan dia (setau gw ngalah sih … tp tau dah … dah lupa :p).

  19. I feel this is among the so much vital information for me. And i am satisfied studying your article.
    But wanna commentary on few general issues, The web site taste is perfect,
    the articles is really nice : D. Good job, cheers


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: