Oleh: khim | 25 Agustus, 2007

Rubah Api-ku

Sepertinya topik ini basbang banget, sudah banyak buanget yang menulis tentang rubah api dan aksesoris2 kesukaan yang dipasang, tapi boleh dong ikutan nulis juga.

Mari dimulai dengan sejarah pemakaian rubah api oleh diriku. Yaah, seperti kebanyakan orang pada awalnya yang dipakai untuk selancar2 di dunia maya adalah IE, kemudian melancong lumayan jauh dan mendapat koneksi yang lebih cepat, mulai berkenalanlah dengan Opera.
Beralih hati ke Opera karena banyak fitur2nya yang sangat ‘benri’ (tabbed browsing, mouse gesture, flashget support). Sepulang melancong, seorang senpai mengenalkan yang namanya rubah api, tidak langsung dicoba sih karena males set2 dan nyusun tanda buku lagi. Kira2 hampir setahun sejak diperkenalkan itu baru mulai tertarik coba2 karena dengar bisa ngeblok iklan, yang saat itu pake Opera bisanya ngeblok gambar keseluruhan tanpa memandang apakah gambarnya berbulu atau tidak. Sejak saat itu akhirnya jatuh cinta dengan perambah yang satu ini ditambah banyak aksesorisnya yang membuatnya makin cantik dan enak dipakai.

Berikut aksesoris2 yang sudah terpasang:

1. Adblok Plus dan plus plusnya

Aksesoris yang membuat berpindah hati dari perambah sebelumnya, dengan aksesoris ini iklan2 yang bikin halaman terlalu rame dan berat dibuka jadi tak terlihat. Berikut skrisyut perbandingan halaman tanpa dan dengan ABP.

tanpa ABP dengan ABP

tanpa ABP

dengan ABP

2. Mouse gesture

dengan aksesori ini banyak hal yang bisa dilakukan dengan dengan gerakan mouse. misalnya tahan klik kanan seret ke kiri -> back, ke kanan -> forward, ke atas ->tab baru, serong kanan bawah -> zoom in, serong kiri atas -> zoom out, dan masih bisa didefinisikan sendiri gerakan tertentu untuk melakukan sesuatu fungsi.

3. DownThemAll

Membuat rubah api menjadi perambah dengan download manager tertanam di dalamnya, tidak perlu lagi program sejenis flashget, getright,download accelerator dan kawan2. aksesoris ini juga menggantikan flashgot yang menyatukan rubah api dengan program download manajer luar.

4. Download Status Bar

dengan aksesoris ini status file yang kita unduh yang biasanya muncul di jendela yang terpisan dapat dipantau di bar status sebelah bawah .

5. Tab Mix Plus

Salah satu aksesoris untuk mengoptimalkan tab browsing, ada beberapa aksesori sejenis, tapi rasanya sih aksesorisnya yang punya fitur paling lengkap: save/restore session saat browser ditutup/tertutup, event2 untuk tab, tampilan tab, undo closed tab, komplitlah.

6. NoScrypt

Untuk menghindari scrypt2 tersembunyi yang tidak diinginkan, tapi jangan lupa untuk menonaktifkannya bagi situs2 terpercaya. Kalau misalnya lupa dan tampilan halaman jadi aneh, kesalahan bukan pada halaman yang anda buka. 😀

7. Rikai-chan

Namanya diambil dari bahasa jepang rikai (理解) artinya mengerti, ditambahi -chan mungkin agar terkesan lebih kawai ^^). Sangat berguna bagi yang suka buka2 halaman berbahasa jepang, hanya dengan mendekatkan kursor ke huruf yang tak dikenal akan langsung keluar cara baca berikut terjemahannya dalam bahasa inggris. Setelah memasang aksesoris ini jangan lupa untuk menyertakan kamusnya juga yang bisa diambil di sini.

skrinsyut pemakaian rikaichan

8. Split Browser

Aksesori untuk mengatur agar beberapa tab bisa dilihat sekaligus seperti ini.

9. Tab Catalog

Dengan aksesoris ini kita bisa sedikit nyicipi lingkungan mac os x di dalam rubah api, dengan menekan F8 atau bisa diset ke tombol lain, tab2 yang sedang dibuka bisa ditampilkan seperti kalau di mac os x ditekan F9, hmm susah mendiskripsikannya, yang belum pernah pake mac mungkin ga ngerti kamsudnya ya , skrinsyutnya seperti ini.

a bit mac os x environment inside firefox

10. Foxytunes

Aksesori untuk mengontrol media player dari rubah api dengan memunculkan panel kontrol untuk media player di bar bawah, jadi tidak perlu repot2 pindah jendela kalau mau ganti lagu atau mengecilkan volume misalnya.

11. ShowIP

Aksesoris untuk menampilkan alamat ip halaman yang sedang kita kunjungi di pojok kanan bawah. Ga terlalu penting ya?

12. Aging Tab

Dengan aksesoris ini warna tab akan semakin menua seiring lamanya tab tidak diakses. Gak penting ya?

13. 中止ボタン がしいたけに見えて困る

‘Chuushi botan ga shiitake ni miete komaru”, artinya kira2 waduh tombol stopnya kok keliatan seperti jamur shiitake.

Lebih ga penting lagi ya?

Kalau ada aksesoris lain yang menarik untuk rubah api bagi2 yaa.

Iklan

Responses

  1. wah rikai-chan nih yang aku cari-cari. akan sangat membantu nih..

    thanks mas!!!

  2. ada versi lain namanya perapera-kun tapi belum pernah coba, mungkin kl niat coba2 kasih tahu bedanya ya

  3. wogh… gw suka ama yg Rikai-chan tuh… bener2 membantu gw dalam mambaca kanji … apalagi kalo kanji nya dah masuk grade2 yg tinggi >.<

  4. […] rikai-chan ] thanks for kh1m for this […]

  5. […] Penekanan subyek ~という Sebelum baca tulisan ini, diperingatkan bahwa tulisan ini ditujukan untuk pembelajar bahasa jepang tingkat menengah, dan sebaiknya dilihat dengan Rubah api yang sudah terpasang rikai-chan. […]

  6. […] Ga bisa baca? Ga ngerti artinya? makanya pakai Rubah api yang dipasangi rikai-chan. […]

  7. […] Idiom anggota badan ~ 「体」の熟語 Sekali lagi diperingatkan untuk membaca dengan didampingi Rikai-chan  […]

  8. punten…itu cara download dictionary nya gimana yah..kok saya sudah coba download berkali2 kok tidak bisa..ada yang bisa kasih masukan biar bisa ber rikai-chan juga…terima kasih

  9. download dulu kamusnya ke hd, trus diserret ke rubah api
    ganbatte

  10. […] 似ていないなぁ Peringatan dari orang ganteng: yang tidak PD dengan kemampuan bahasa Jepangnya harap membaca dengan didampingi Rikai-chan […]

  11. gimana nii?
    udah 3x coba ga bisa di install,
    katanya not valid gituu . . .

    tp,btw thx uda review rikaichan.

  12. coba yg saudaranya: perapera kun
    kali aja tetep ga bisa

  13. piye ki carane nginstal? :mrgreen:

  14. mosok wong it ga ngerti cara nginstall addon rubah api se


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: